SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI DESA DATAR

Sabtu, 20 Desember 2014

SEJARAH DESA DATAR DESA


SEJARAH DESA DATAR DESA DATAR KECAMATAN MAYONG JEPARA
MBAH BUYUT PODANG SEKALIAN

Assalamualaikum Wr Wb
         
Tokoh Desa Datar, Mbah Buyut Podang Sekalian Menurut informasai dari sepuh pini sepuh poro yai dalam desa maupun luar desa , Sejarah Mbah Buyut Podang memang tidak begitu tenar seperti yang ada di desa lain . apakah memang di sembunyukian sisilah keturunannya atau memang kami yang di sini belum mengetahui sejarahnya ? akan tetapi  ada yang bilang  mbah buyut podang adalah salah satu murid Sunan Muria dan Sunan Kalijaga dan juga menurut informasi Mbah Podang juga masih keturunan Mbah Muntamakin sedangkan istrinya keturunan Sunan Ngerang,nama lain Ki Podang atau Mbah Buyut Podang ada yang bilang Raden Saleh Muhtar.
Cerita tentang Nama Podang
Konon cerita nama Podang adalah Sinar Kekuning Kuningan karena pada saat itu Ki Podang lahir bersamaan keluarnya sinar matahari kuning kuningan , setelah beliau selesai menimba ilmu agama dari guru gurunya , Beliau ( Mbah Buyut Podang Sekalian )  mengembara dan sampailah di sekitar mayong tepatnya di tengah tengah pasar mayong yang dulu masih ada pohon weringin dan belum ada penduduk, setelah sampai beliau mendirikan padepokan untuk siar agama islam  akan tetapi beliau sekalian tidak lama di sekitar Mayong karena banyak gangguan.
Sejarah Desa Datar Kec Mayong
Mbah Buyut Podang Sekalian melanjutkan perjalanan ke Utara Mayong dan mencari tempat yang Agak Datar karena semakin ke Utara semakin naik. Dan sampailah di desa Datar yang dulu belum bernama Desa Datar karena memang penduduknya sedikit dan belum mengetahui agama , sesampai di Desa Datar Beliau mendirikan Padepokan kembali untuk Siar Agama Islam akan tetapi warga sekitar menolaknya karena kegigihan Mbah Buyut Podang sekalian untuk mendekati dan siar maka lama kelamaan warga Desa Datar menerima agama islam.  Tempat Padepokan mbah buyut podang sering untuk bekumpul dan bermusyawarah  teman teman sebrayatnya apa bila permasalahan di wilayah-wilayahnya .      
Teman teman siar mbah buyut podang antara lain : Eyang Suro Krangan ,Mbah Datuk Gurnadi Singorojo, Mbah Datuk Subuh, Mbah Suro Madu, Mbah Sari Jati, Mbah Sasongko, Mbah Tanjung Sari dan masih banyak yang tidak dapat di sebutkan satu persatu.Beliau selalu menjaga silahturrahmi.
Asal Usul Desa Datar
Asal muasal nama Desa Datar yang berada di Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara ada yang bilang Ndatar karna dulu mbah podang mencari tempat tanah yang agak datar. Pada akhirnya masyarakat menyebut desa ini dengan sebutan Desa Datar.
Akan tetapi ada yang bilang kalau desa datar dari kata Daftar karena dulu tempat pendaftaran para pejuang Siar Agama Islam.
Memang kami belum bisa mempercayai sepenuhnya cerita ini ,akan tetapi kami menemukan Makam atau Punden di Desa Datar yang menurut cerita punduduk di sebut makam atau Punden Mbah Buyut Podang Sekalian ,dan setiap malam Jumat legi diadakan selametan manakiban satu bulan sekali serta pada Rabu Pon Bulan Suro adalah Khaul Mbah Buyut Podang Sekalian.Kami juga menemukan tumpukan batu yang konon tempat dzikir atau sholat ada yang bilang juga tempat sholat  yang tidak terlihat kasap mata karena tempat tersebut bila dikasih padasan atau gentong untuk wundhu airnya habis dengan sendirinya ,( di isi air sore paginya habis padahal tidak ada yang pakai air tersebut )

Mohon maaf kalau cerita ini ada yang keliru dan mohon bantuan apabila anda mengetahui sejarah yang lebih detil soal Perjalanan Mbah Buyut Podang.
Demikianlah Sejarah Desa Datar Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara


Terimakasih ,
Wassalamualaikaum Wr Wb

TTD DESA DATAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar